Kamis, 10 Februari 2011

info kebidanan

Kembar Tapi Siam

Posted on Juni 29, 2007. Filed under: info terkini kebidanan |
Berasal dari sebuah daerah di Negara Thailand, kata kembar siam pun dipakai bagi anak kembar yang lahir dimana tubuh keduanya bersatu. Kembar siam dapat terjadi apabila zigot dari bayi kembar identik gagal terpisah secara sempurna.
Kasus kembar siam tertua di dunia tercatat ditemukan pada tahun 1100-an.
Di Indonesia, Kasus kembar siam pertama ditemukan di riau pada tahun 1987, YULIANA dan YULIANI. Ana dan Ani, demikian panggilan akrab mereka bukan saja menjadi yang pertama. Kedua bocah ternyata telah menjadi tonggak sejarah ilmu kedokteran di Indonesia. Untuk pertama kalinya, kasus kembar siam dempet kepala ubun-ubun berhasil dipisahkan di tanah air.
Ana dan Ani kini tumbuh normal hingga usia remaja, dan sangat terlihat ceria seperti remaja putri lainnya. Ana dan Ani pun hadir di KICK ANDY, dan membagi cerita mereka untuk kita.
Setelah kasus pertama, masih ada sekitar 12 kasus kembar siam lagi yang ditemukan di Indonesia hingga saat ini. Tak semuanya berakhir bahagia seperti Ana dan Ani. Banyak diantaranya yang harus berujung duka. Ada pula orang tuayang harus menghabiskan biaya yang sangat besar serta terbang ke singapura untuk mengoperasi kedua buah hatinya yang terlahir dempet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar